PKS NEWS UPDATE:
« »

Selasa, 29 November 2011

SEMANGAT !!!

“Kalau semangat begini, saya yakin 2012 dakwah akan menang.” Itulah ungkapan yang spontan terlontar dari salah seorang kader PKS di DPC Matraman di sela-sela acara Rapat Kerja DPC PKS Matraman yang dilaksanakan 26-27 November 2011 di Cipanas yang dihadiri 50 orang perwakilan pengurus DPRa dan pengurus DPC.

Terlihat wajah-wajah sumringah dan ceria diantara kader yang mengikuti acara tersebut, bahkan hal itu terlihat pada saat-saat presentasi program dari masing-masing ketua bidang yang mempresentasikan program dan targetnya kepada seluruh peserta yang hadir. Tidak terlihat sedikit pun rasa pesimis dari peserta yang mendengarkannya. Mereka menyimak, mendengarkan, bahkan mereka memberikan masukan dengan masukan yang penuh optimis.

Mari kita kembali pada ungkapan yang tertulis di awal tulisan ini. Ada satu kata kunci disana yang membuat kita optimis akan kemenangan dakwah di Matraman, yaitu “SEMANGAT”. Semangat memang harus senantiasa kita miliki sebagai pejuang, karena tanpa semangat kita akan mengalami kekalahan sebelum bertempur.

Semangat menjadi modal awal dalam mengarungi medan perjuangan yang penuh dengan tantangan yang semakin berat ke depan. Ada beberapa cara ketika kita ingin menguatkan rasa semangat dalam berjuang :

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Mendekatkan diri bisa menjadi sarana kita untuk meningkatkan semangat juang dalam dakwah, bahkan tidak hanya dalam dakwah tetapi bisa juga meningkatkan semangat juang dalam mengarungi kehidupan. Banyak cara dan sarana yang bisa dilakukan oleh setiap pejuang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, diantaranya senantiasa membaca Al Qur’an, berdziki atau mengingat Allah SWT dalam setiap waktu, melakukan ibadah-ibadah nafilah (tambahan) seperti sholat tahajjud, sholat dhuha, puasa sunnah.

Kita sebagai seorang pejuang nilai-nilai kebaikan dituntut untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena beban dan tantang yang akan kita hadapi sangatlah berat sehingga terkadang membuat diri kita menjadi pesimis sampai apatis dalam mengarungi medan perjuangan yang sangat panjang. Mendekatkan diri kepada Allah SWT akan meningkatkan rasa optimis di dalam diri kita. Karena Allah SWT tidak pernah mengingkari janji-Nya untuk memberikan balasan yang lebih baik bagi pejuang-pejuang kebaikan yang ikhlas.

2. Membaca sejarah dan kisah-kisah para pejuang terdahulu.

Cara yang lain untuk meningkatkan semangat juang adalah kita senantiasa membaca sejarah dan kisah-kisah pejuang pendahulu. Membaca kisah-kisah pejuang yang heroik memperjuangkan nilai-nilai kebaikan disertai dengan pengorbanan yang tiada tara demi tegaknya nilai-nilai kebaikan. Ketika kita membacanya, maka akan kita dapati kondisi bahwa diri kita belum ada apa-apa dibandingkan dengan mereka para pendahulu kita. Kesungguhan, keikhlasan, dan pengorbanan kita saat ini masih jauh dibandingkan dengan mereka. Mereka dengan kesungguhannya senantiasa berjuang menegakkan nilai-nilai kebaikan sampai ajal menjemput mereka.

Banyak kisah-kisah para pendahulu dengan kesungguhannya mampu memberikan kemaslahatan untuk Islam seperti Musailamah bin Abdul Malik mampu menaklukkan China, Muhammad bin Qasim bin Muhammad menaklukkan India, Musa bin Nusair dan Thariq bin Ziad menaklukkan Andalusia. Kita bisa mempelajari dan meneladani kesungguhan mereka.

3. Senantiasa berkumpul dengan orang-orang yang berfikiran positif dan optimis.

Terkadang lingkungan mempengaruhi semangat kita. Ketika kita berteman dan berkumpul dengan orang yang optimism maka semangat kita akan meningkat, tapi ketika kita berkumpul dengan orang yang pesimis bahkan apatis, maka semangat kita akan mengendur.

Tidak salah kalau kita senantiasa memperbanyak berkumpul dengan orang-orang senantiasa optimis supaya semangat kita senantiasa terjaga. Karena berkumpul dengan orang yang optimis dan berfikiran positif akan menambah energy sementara berkumpul dengan orang yang apatis dan berfikiran negarif akan menguras energy kita.

Itulah beberapa hal upaya sederhana yang bisa kita lakukan untuk senantiasa mempertahankan semangat kita dalam memperjuangkan nilai-nilai kebaikan. Semoga Allah SWT memberikan kepada kita istiqomah hingga akhir hayat.

Oleh : Agus Setiawan

(Sekum DPC PKS Matraman)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons | Re-Design by PKS Piyungan